Logo Bloomberg Technoz

PDIP Sebut Gibran Rakabuming Sudah Jadi Kader Partai Golkar

Fransisco Rosarians Enga Geken
06 November 2023 09:55

Bacapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendafrtar ke KPU, Jakarta, Rabu (25/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Bacapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka mendafrtar ke KPU, Jakarta, Rabu (25/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan, putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka sudah menjadi kader Partai Golkar.

Dia merujuk pada pernyataan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan keputusan Koalisi Indonesia Maju (KIM) mengusung Wali Kota Solo tersebut sebagai bakal cawapres. Gibran pun resmi menjadi pendamping Prabowo Subianto pada Pemilu 2024. 

"Saya sudah menerima telepon dari mas Airlangga, Ketua Umum Golkar, ketika itu bahwa mas gibran di-kuning-kan, di-Golkar-kan," kata Hasto dalam rekaman video di NTB seperti dikutip, Senin (6/11/2023).

Gibran memang sempat dikabarkan akan masuk ke Partai Golkar dengan menjadi anggota salah satu sayap organisasi partai berlambang pohon beringin tersebut. Langkah ini dikabarkan menjadi deal agar putra Jokowi tersebut bisa diusung KIM pada Pemilu 2024.

Akan tetapi, jelang pelaksanaan, Partai Golkar batal mengumumkan keanggotaan Gibran. Golkar dan seluruh anggota KIM hanya menyatakan dukungan pada Gibran sebagai cawapres, tanpa embel-embel kader koalisi tersebut.