Logo Bloomberg Technoz

Polisi Periksa Bos Alexis Alex Tirta soal Rumah Firli

Sultan Ibnu Affan
03 November 2023 09:41

Alex Tirta (tengah) di Polda Metro Jaya (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)
Alex Tirta (tengah) di Polda Metro Jaya (Bloomberg Technoz/Sultan Ibnu Affan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tirta Juwana Darmaji atau Alex Tirta datang memenuhi panggilan polisi si Polda Metro Jaya, Jakarta. Dengan mengenakan kemeja berwarna putih, Alex tiba sekitar pukul 09.25 WIB. Dia tak menanggapi pertanyaan awak media dan hanya tersenyum lebar.

Bos Hotel Alexis, tempat hiburan malam itu diperiksa terkait rumah singgah Ketua KPK Firli Bahuri di Jalan Kertanegara 46, Jakarta Selatan. Tiba di Polda, Alex langsung masuk dan naik ke lantai gedung pemeriksaan yang dijadwalkan. Pada saat hadir, tampa kuasa hukum mendampinginya.

Sedianya, Alex Tirta diperiksa polisi pada Rabu (1/11/2023) terkait pembayaran sewa untuk rumah singgah Firli tteapi dia hanya mendatangkan pegacaraya lantaran mengaku sedang sakit. Polda Metro Jaya sebelumnya membenarkan rumah milik seorang berinisial E disewa dan dibayar pengusaha pemilik Hotel Alexis, Alex Tirta. Uang sewanya Rp650 juta setahun.

Awal mulanya terkait penyidikan dugaan pemerasan terhadap Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), polisi menggeledah rumah Firli. Yang pertama rumah pribadinya di Bekasi kemudian rumah singgahnya di Kertaneaanegara Jakarta Selatan. Belakangan diketahui bahwa rumah di Kertanegara itu disewa dan yang membayarkan uang sewanya Rp650 juta setahun adalah Alex Tirta.

Alex sendiri membenarkan dia menyewa rumah tersebut yang awalnya akan diperuntukkan untuk bisnis. Namun, rumah itu kemudian kosong saat pandemi. Ketua KPK Firli Bahuri lalu menggunakannya tetapi kata Alex, melanjutkan sewa rumah juga.