Logo Bloomberg Technoz

Semangka Jadi Simbol Protes Serangan Israel ke Bumi Palestina

Redaksi
02 November 2023 13:45

Ilsutrasi semangka. (Envato/Olena_Rudo_
Ilsutrasi semangka. (Envato/Olena_Rudo_

Bloomberg Technoz, Jakarta - Semangka menjadi buah yang menjadi simbol protes terhadap penindasan yang dilakukan Israel terhadap Palestina.

Seperti dilansir dari Al Jazeera, buah semangka ditanam di seluruh Palestina, dari Jenin hingga Gaza, buah ini memiliki warna yang sama dengan bendera Palestina - merah, hijau, putih, dan hitam - sehingga digunakan sebagai simbol protes terhadap penindasan Israel terhadap bendera dan identitas Palestina.

Setelah perang tahun 1967, ketika Israel merebut kendali atas Tepi Barat, Jalur Gaza, dan melaksanakan aneksasi Yerusalem Timur, pemerintah melarang bendera Palestina di wilayah yang diduduki.

Meskipun bendera tidak selalu dilarang secara hukum, semangka menjadi simbol perlawanan. Ia muncul dalam seni, kaos, grafiti, poster, dan tentu saja emoji semangka yang mendunia di media sosial.

Aksi demo bela Palestina di depan kantor perwakilan PBB di Jakarta, (20/10/2023) (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Baru-baru ini, bendera kembali menjadi sasaran kritik. Pada Januari 2023, Menteri Keamanan Nasional sayap kanan jauh Itamar Ben-Gvir memerintahkan polisi untuk menyita bendera Palestina dari tempat umum.