Logo Bloomberg Technoz

Waspada, Ketegangan Geopolitik Ganggu Profit Bank-bank Eropa

News
23 October 2023 14:50

Barclays (Sumber: Bloomberg)
Barclays (Sumber: Bloomberg)

Leonard Kehnscherper dan Nicholas Comfort - Bloomberg News

Bloomberg, Profit bank-bank di Eropa kemungkinan akan tertekan seiring dengan memburuknya ketegangan geopolitik yang sedang berlangsung.

Profit mereka diperkirakan telah mencapai titik tertingginya sejak krisis keuangan tahun ini, yang meningkat seiring dengan tingkat suku bunga. Namun, dengan kondisi geopolitik saat ini, fokus pada musim laporan keuangan mereka kali ini kemungkinan akan beralih ke tekanan margin dan tanda-tanda tren kenaikan pinjaman bermasalah atau NPL.

"Bank-bank menghasilkan keuntungan yang memuncak. Kuartal ketiga akan menjadi kesempatan untuk melihat bagaimana situasi yang sangat positif ini normal kembali, misalnya karena mereka menaikkan suku bunga [kredit] kepada klien," kata Alexandra Annecke, manajer portofolio senior di Union Investment di Frankfurt.

Para investor akan memperhatikan perkembangan soal masa depan persaingan yang lebih besar dalam hal simpanan dan kredit perumahan di seluruh kawasan tersebut, yang sebagian didorong oleh lonjakan suku bunga bank sentral dari hampir nol menjadi yang tertinggi dalam beberapa dekade untuk meredakan inflasi.