Logo Bloomberg Technoz

Daftar 5 Startup Israel yang Mendunia, Ada yang Disukai Warga RI

Whery Enggo Prayogi
17 October 2023 10:50

Pedemo anti-pemerintah melakukan aksi unjuk rasa di Tel Aviv, Israel, Senin (10/4/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)
Pedemo anti-pemerintah melakukan aksi unjuk rasa di Tel Aviv, Israel, Senin (10/4/2023). (Kobi Wolf/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan rintisan atau startup asal Israel cukup dikenal. Beberapa diantaranya telah berhasil menarik banyak pengguna di dunia. Beberapa dari startup tersebut menawarkan solusi teknologi yang terasa manfaatnya untuk pasar Indonesia.

Berikut daftar 5 startup Israel yang mendunia:

Waze

Startup ini sudah tidak asing. Perusahaan memberi layanan peta digital yang cukup populer di Indonesia, selain Google Map. Waze didirikan oleh Linqmap tahun 2006 oleh Uri Levine, dibantu oleh dua ahli software Ehud Shabtai, dan Amir Shinar. Waze pada 2013 memiliki investor baru, Google. Perusahaan teknologi raksasa ini mengakuisisi startup Waze dengan nilai sekitar US$1,1 miliar.

2013 Waze berhasil memperoleh penghargaan sebagai The Best Overall Mabile App Award pada ajang MWC 2013, sekaligus menjadi periode terbaik kalahkan Dropbox dan Flipboard. Waze telah operasi di 193 negara dengan pelanggan mencapai lebih dari 100 juta.

Meski terus beroperasi, Waze saat ini mendapat tantangan bisnis hingga Alphebet Inc., induk Google mengambil kebijakan pemangkasan pekerja (PHK) dalam rangka efisiensi di Silicon Valley pada pengumuman Juni lalu.

Ilustrasi Waze, peta digital. (Dok: Perusahaan)