Logo Bloomberg Technoz

Medco Ingin Naikkan Harga Gas Hulu, Menteri ESDM Langsung Tolak

Sultan Ibnu Affan
13 October 2023 16:50

Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Dok. ESDM)
Menteri ESDM Arifin Tasrif. (Dok. ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan tegas menolak permintaan PT Medco Energy Internasional Tbk. (MEDC) untuk menaikkan harga gas hulu, atau di Blok Corridor, Sumatra Selatan yang dikelola perusahaan.

Arifin beralasan Medco harus menaati kesepakatan harga gas, sebagaimana termaktub dalam rencana pengembangan atau plan of development (PoD) perusahaan. Namun, dia tidak mengelaborasi berapa harga gas yang disepakati dalam PoD milik Medco tersebut.

Kagak ada [kenaikan harga gas]. PoD-nya bilang apa? PoD-nya berapa tahun? PoD itu jelas. Harga gas disepakati sekian, kita pegang itu saja,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Jumat (13/10/2023).

Direktur Utama Medco Hilmi Panigoro tidak menampik Medco memang berencana mengajukan penyesuaian harga gas hulu lantaran lapangan eksplorasi telah memasuki masa tua atau mature.

"Makanya kami harus menyesuaikan harga," ujar Hilmi saat ditemui di sela acara TRIPATRA: Engineering Sustainable Summit, Jumat (13/10/2023). Dia tidak mengelaborasi berapa kenaikan harga yang diusulkan oleh Medco.