Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Beli 10% Saham Exxon di Irak

Wike Dita Herlinda
17 February 2023 08:55

Subholding upstream Pertamina dorong terobosan agresif ( Dok pertamina.com )
Subholding upstream Pertamina dorong terobosan agresif ( Dok pertamina.com )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Grup Pertamina melebarkan sayap bisnisnya di wilayah Timur Tengah dengan memboyong 10% saham ExxonMobil Iraq Limited’s (EMIL) di Irak.

Melalui anak usaha PT Pertamina Hulu Energi (PHE), PT Pertamina Internasional EP (PIEP), perusahaan mengambill alih lapangan yang dioperasikan oleh EMIL selaku kontraktor utama di bagian Selatan Irak, dekat dengan kota Basra yang berjarak 400 km sebelah tenggara ibu kota Baghdad.

PIEP, yang juga merupakan regional subholding upstream milik Pertamina, memainkan peranan kunci dalam kerja sama dengan mitra luar negeri, khususnya di bidang eksplorasi dan produksi migas yang beroperasi di 4 benua dan 12  negara, termasuk di Irak yang mempunyai salah satu cadangan minyak dan gas raksasa di dunia. 

Wiko Migantoro, Direktur Utama Pertamina Hulu Energi, mengatakan dalam operasinya di West Qurna 1, PIREP sebagai anak perusahaan langsung PIEP bermitra dengan EMIL, Itochu, Petrochina, dan Oil Exploration Company (OEC) Iraq.

“Hal ini terbukti dengan diselesaikannya pembelian 10% participating interest [PI] pada akhir 2022,” ujarnya seperti dikutip dari pernyataan resmi Pertamina yang dilansir Kamis (16/2/2023).