Logo Bloomberg Technoz

SKK Migas Temukan Cadangan Gas Baru di Pulau Seram

Rezha Hadyan
14 February 2023 10:41

Ilustrasi Terminal Gas (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Terminal Gas (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satuan Kerja Khusus Pelaksana Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) Citic Seram Energy mengeklaim telah menemukan 15,02 juta kaki kubik gas di Pulau Seram, Maluku.

Kepala Divisi Pemboran dan Perawatan Sumur SKK Migas Surya Widyantoro menjelaskan penemuan "harta karun" itu terjadi di sumur eksplorasi Lofin-2 (re-entry), Desa Seti, Kecamatan Seram Utara Timur, Seti, Kabupaten Maluku Tengah. 

Setelah dilakukan pengetesan ulang uji lapisan sumur eksplorasi Lofin-2 yang memiliki objektif utama di batuan karbonat formasi Manusela, ditemukan aliran gas sebanyak 15,02 juta kaki kubik gas per hari atau million standard cubic feet per day (mmscd).

"Jadi kami melakukan pengetesan ulang [yang] dimaksudkan untuk menguji dan mengevaluasi potensi hidrokarbon pada batuan karbonat formasi Manusela," katanya  melalui siaran pers yang dilansir Senin (13/02/2023).

Surya menjelaskan pengetesan ulang uji lapisan sumur eksplorasi tersebut untuk mengetahui karakter atau perilaku dari reservoir tersebut guna pengembangan di struktur Lofin nantinya.