Logo Bloomberg Technoz

Dukung Hamas, Hacker Rusia Serang Situs Pemerintah Israel

News
10 October 2023 17:45

Ilustrasi hacker. (Photo By DC_Studio via Envato)
Ilustrasi hacker. (Photo By DC_Studio via Envato)

Ryan Gallagher dan Jordan Robertson - Bloomberg News

Bloomberg, Kelompok peretas, termasuk beberapa yang terkait dengan Rusia, menyerang situs web pemerintah dan media Israel. Hal ini merupakan bagian dari dukungan mereka kepada kelompok militer Palestina, Hamas, yang melancarkan serangkaian serangan mematikan terhadap negara tersebut pada akhir pekan.

Killnet, sebuah kelompok yang mengaku terdiri dari para peretas sukarelawan patriotik Rusia, mengumumkan pada hari Minggu bahwa mereka akan menargetkan semua sistem pemerintah Israel dengan serangan penolakan layanan terdistribusi, jenis serangan siber yang dikenal sebagai DDoS yang membanjiri situs web dengan traffic dan memaksa mereka offline. 

Kelompok tersebut mengatakan mereka menyalahkan Israel atas pertumpahan darah tersebut dan menuduh negara itu mendukung Ukraina dan NATO. Killnet kemudian mengklaim telah mematikan situs web pemerintah Israel dan situs web badan keamanan Shin Bet untuk waktu yang singkat pada hari Minggu.

Klaim kelompok tersebut tidak dapat segera dipastikan. Menurut situs pemantauan situs web check-host.net, kedua situs web itu sempat mati pada hari Minggu.