Logo Bloomberg Technoz

Pakar IT: Serangan ke Situs OJK Terkonfirmasi Royal Ransomware

Angga Indrawan
06 October 2023 17:41

Situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
Situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pakar Keamanan Siber Indonesia, Teguh Aprianto memastikan serangan siber terhadap situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merupakan Royal Ransomware dari kelompok hacker Blacksuit. 

Teguh mengatakan informasi tersebut sudah terkonfirmasi internal OJK. "Setelah konfirmasi ke internal OJK, confirmed," ujar Teguh Aprianto melalui cuitan Twitternya, Kamis (5/10/2023).

Peretasan terhadap situs OJK terjadi pada Senin (2/10/2023). Situs resmi OJK tidak dapat diakses. Dari percobaan saat itu, seluruh halaman berstatus gagal akses.

Pengamat IT dari ICT Institute Heru Sutadi mengakui eberapa pihak juga menengarai sistem IT dan stus OJK terkenal serangan ransomware. "Bila ini terjadi ini tidak bisa kita anggap sepele jadi harus ada upaya-upaya komprehensif untuk menelisik apakah ransomware ataupun termasuk peretasan terhadap situs OJK," ujarnya.

Menurutnya, dalam beberapa tahun terakhir ini begitu banyak perbankan yang terkena serangan peretasan yang berakhir pada ransomware. Ketika tebusannya tidak diberikan data-datanya  kemudian dijual di darkweb ataupun mungkin disebar.