Logo Bloomberg Technoz

Skandal Penipuan Properti Vietnam yang Rugikan Investor Rp19 T

News
03 October 2023 18:10

Ilustrasi pembangunan (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pembangunan (Sumber: Bloomberg)

Nguyen Xuan Quynh - Bloomberg News

Bloomberg, Kepolisian Vietnam meminta bantuan dari para investor dalam penyelidikan yang sedang berlangsung terhadap perusahaan real estat Van Thinh Phat Holdings Group. Perusahaan ini diduga melakukan penipuan dan penyelewengan dana lebih dari 30 triliun dong atau setara Rp19 triliun.

Menurut sebuah pernyataan di situs web pemerintah, berdasarkan penyelidikan sekitar 42.000 investor kehilangan uang.

Kementerian Keamanan Publik menahan chairman perusahaan, Truong My Lan, tahun lalu atas dugaan memperoleh properti secara curang. Penahanan Truong My Lan dan pejabat perusahaan lainnya, yang diduga memiliki hubungan dengan Saigon Commercial Bank atau SCB, mengakibatkan lonjakan penarikan dana dalam waktu singkat di bank tersebut.

Dalam kasus lain menurut pernyataan pemerintah, polisi pada bulan September menahan Vu Thi Thuy, chairman dan direktur Nhat Nam Real Estate Trading Investment JSC, atas dugaan penyelewengan aset. Polisi mengatakan perusahaan tersebut dengan curang mengumpulkan hampir sembilan triliun dong dari 20.000 individu melalui lebih dari 45.000 kontrak kerja sama bisnis pada tahun 2020-2022.