Logo Bloomberg Technoz

Ekonomi Vietnam dalam Masalah, Minta Bank Genjot Pinjaman

News
18 August 2023 13:50

Para pekerja Vietnam di luar pabrik. Fotografer: Yen Duong/Bloomberg
Para pekerja Vietnam di luar pabrik. Fotografer: Yen Duong/Bloomberg

Nguyen Dieu Tu Uyen dan Mai Ngoc Chau - Bloomberg Technoz

Bloomberg, Pemerintah Vietnam mempercepat upaya untuk membantu dunia bisnis mengakses pinjaman karena kinerja ekspor yang melambat. Hal ini menjadi hambatan bagi ekonomi negara ini yang bergantung pada perdagangan. Jika dibiarkan terus-menerus maka akan bisa membahayakan target pertumbuhan negara tahun ini.

Pertumbuhan kredit Vietnam pada 2023 hingga 9 Agustus mencapai 4,3%, jauh di bawah target pemerintah setahun penuh sebesar 14% -15%, berdasarkan data di situs web pemerintah. 

Pemerintah mendesak bank sentral untuk segera menerapkan solusi efektif untuk meningkatkan aksesibilitas pinjaman bank untuk bisnis, kata pernyataan yang di-posting di situs web kabinet. Pemerintah mengarahkan regulator untuk terus memerintahkan bank-bank komersial memangkas biaya pinjaman.

Vietnam mungkin akan kehilangan target pertumbuhan ekonomi sebesar 6,5% tahun ini karena penurunan permintaan global akan barang-barang telah memukul pabrik-pabrik di negara ini yang memproduksi aneka barang seperti sepatu kets hingga ponsel pintar. Sementara produk domestik bruto dalam tiga bulan yang berakhir pada bulan Juni naik 4,14% dari tahun sebelumnya.