Logo Bloomberg Technoz

Asosiasi: Bukan Salah TikTok, Negara Sudah Awasi Impor Ilegal?

Dovana Hasiana
26 September 2023 10:50

Ilustrasi peti kemas (kontainer) di Pelabuhan. (SeongJoon Cho/Bloomberg)
Ilustrasi peti kemas (kontainer) di Pelabuhan. (SeongJoon Cho/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Asosiasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (Akumindo) menilai, platform dagang-el seperti  TikTok Shop bukan akar permasalahan dari meredupnya UMKM dalam negeri.

Sekretaris Jenderal Akumindo, Edy Misero mengatakan, akar permasalahan dari meredupnya UMKM adalah masuknya barang impor dengan harga yang sangat murah. Sehingga produk UMKM kalah bersaing dan tidak diminati karena perbedaan harga yang signifikan. 

“Bukan (salah platform), esensinya adalah produk impor kok bisa murah banget? Bisa saja mereka over supply produk terlalu banyak. Tidak mampu terserap di lokal, sehingga mereka ekspor ke Indonesia,” ujar Edy kepada Bloomberg Technoz, Senin (25/9/2023). 

“Tetapi mereka ekspor secara gelondongan atau kiloan, sehingga murah banget. Sampai Indonesia baru dipretelin per pcs, jadi lebih murah,” lanjutnya. 

Edy juga mengamini pernyataan Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki yang mengatakan adanya dugaan barang masuk secara ilegal dan tidak membayar bea masuk sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan.