Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Klaim 190 Investor Asing Lirik IKN

Dovana Hasiana
22 September 2023 11:20

Presiden Jokowi. (Dok: Dova/Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Kabinet)
Presiden Jokowi. (Dok: Dova/Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Kabinet)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan, terdapat ratusan investor yang melirik Ibu Kota Nusantara (IKN) dan tertarik untuk menyuntikkan dana dalam mega proyek tersebut. Adapun investor tersebut berasal dari Korea Selatan, Jepang, Singapura dan Uni Emirat Arab. 

Menurutnya, terdapat investor 30 investor dari Korea Selatan, 40 investor dari Jepang dan 120 investor dari Singapura. Jokowi juga mengatakan investor dari Uni Emirat Arab juga telah mengunjungi IKN dan langsung menemui dirinya. 

“Kemarin baru saja dari Uni Emirat Arab juga datang, setelah datang langsung temui saya. Artinya apa? Tertarik,” ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (21/9/2023). 

“Telah datang dari Korea 30 investor, Jepang kurang lebih 40 investor, Singapura 120. Sudah ke sini jauh-jauh, mereka pasti ada kalkulasinya, pasti ada hitung-hitungannya,” lanjut Jokowi. 

Kendati demikian, investor di dalam negeri akan didahulukan untuk menyuntikkan dana di IKN. Sebab, Jokowi mengatakan, dirinya akan diprotes karena lebih mementingkan investor asing bila tidak mendahulukan investor dalam negeri. Padahal, banyak investor di dalam negeri yang juga mampu menyuntikkan dana dalam mega proyek itu.