Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Targetkan Tol dan Bandara di IKN Rampung Pertengahan 2024

Dovana Hasiana
22 September 2023 08:16

Presiden Jokowi. (Dok: Dova/Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Kabinet)
Presiden Jokowi. (Dok: Dova/Tangkapan Layar Youtube Sekretaris Kabinet)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan sejumlah infrastruktur dasar sudah mulai dibangun di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Hal ini disampaikannya dalam kegiatan peletakan batu pertama atau groundbreaking pembangunan Hotel Nusantara oleh konsorsium Agung Sedayu Group (ASG) pada Kamis (21/9/2023). 

Jokowi mengatakan salah satu infrastruktur dasar yang sudah mulai dibangun adalah akses tol dari Balikpapan ke IKN dan bandara. Saat ini, perjalanan dari Balikpapan ke IKN memakan waktu 1,5-2 jam, namun perjalanan itu bisa disingkat hanya menjadi 30 menit bila akses tol tersebut telah rampung.

“Tadi Pak Menteri PU [Basuki Hadimuljono] menyampaikan pada saya sudah tembus, sudah tembus artinya akan segera masuk ke konstruksinya. Akan selesai kapan Pak Menteri PU? (bertanya ke Menteri PUPR), Juli 2024 akan sudah selesai jalannya,” ujar Presiden Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (21/9/2023). 

Jokowi mengatakan pembangunan bandara di IKN juga segera dimulai. Bila bandara tersebut telah selesai dibangun, perjalanan dari Bandara ke Penajam Paser Utara hanya memakan waktu 15 menit.