Logo Bloomberg Technoz

WNI di Turki Galang Dana Untuk Korban Gempa, Terkumpul Rp 1,2 M

Sultan Ibnu Affan
14 February 2023 12:38

Tim evakuasi tahap dua RI tiba di Bandara Adana, Provinsi Hatay, Turki, Minggu (12/2/2023). (Dok. KBRI Ankara)
Tim evakuasi tahap dua RI tiba di Bandara Adana, Provinsi Hatay, Turki, Minggu (12/2/2023). (Dok. KBRI Ankara)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Turki mengumpulkan dana sebesar 324 ribu Lira atau setara dengan Rp 1,2 miliar untuk kurs saat ini.  Dana yang dikumpulkan itu akan digunakan untuk membantu warga korban gempa Turki-Suriah.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyebut bahwa dana yang terkumpul telah diserahkan kepada organisasi Palang Merah Turki atau Bulan Sabit  Merah (Kızılay) untuk kemudian disalurkan.

"Masyarakat Indonesia di Turki juga menggalang dana untuk bantuan dan telah terkumpul uang sebesar 324.000 Lira dan US$50.000 US Dollar atau sekitar 1,2 miliar rupiah dan diserahkan melalui Palang Merah Turki," kata Retno melalui keterangannya dalam kanal resmi Kementerian Luar Negeri, Senin (13/2/2023).

Selain itu pemerintah RI juga telah mengirimkan bantuan dan evakuasi tahap kedua kepada para WNI dan korban yang terdampak gempa berkekuatan M 7,8 itu.

Bantuan tahap pertama tiba pada 12 Februari 2023 lalu di Bandara Adana, Provinsi Hatay. Bantuan tersebut membawa 65 personel tim Medium Urban Search and Rescue (MUSAR) dan berbagai perlengkapan tim dan logistik untuk WNI, yang berupa bahan makanan dan kebutuhan dasar.