Logo Bloomberg Technoz

Pada tahap kedua, pesawat Garuda Indonesia A330-300 juga telah diberangkatkan pada Senin (13/2/2023) pagi. Pesawat itu membawa 119 personel emergency team (EMT) dan tim pendukung lain yang membawa bantuan alat kesehatan seperti obat-obatan seberat 18 ton dan 2 ton logistik tambahan seperti selimut, tenda, genset, sleeping bag serta makanan siap saji.

Hingga saat ini jumlah WNI yang terdampak gempa Turki-Suriah berjumlah 500 orang. Adapun 123 di antaranya telah dievakuasi pada tahap pertama termasuk 2 WN Malaysia dan 1 WN Myanmar. Kemudian 10 WNI mengalami luka berat dan sedang dalam perawatan intensif di rumah sakit, dan 2 WNI yakni seorang Ibu dan anak berusia 1 tahun meninggal. Kedua WNI tersebut telah dimakamkan di Kahramanmaras.

Sementara itu, 5 WNI dan 3 WN Filipina saat ini masih sedang dalam pencarian oleh tim MUSER yang dikirim pada tahap pertama.

Selain Turki, Menlu Retno juga mengatakan bahwa KBRI Damaskus telah mengirimkan bantuan berupa makanan, pakaian dan obat-obatan yang dikumpulkan melalui Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) yang dikirimkan ke Aleppo dan La Tagya. Dua wilayah itu termasuk yang terdampak gempa.

(ibn/ezr)

No more pages