Logo Bloomberg Technoz

16 Perjanjian Komersialisasi Migas Diteken, Ini Daftarnya

Ezra Sihite
21 September 2023 09:00

Pembukaan International Convention on Indonesian Upstream of Oil and Gas 2023 di Nusa Dua, Bali. (Dok. SKK Migas)
Pembukaan International Convention on Indonesian Upstream of Oil and Gas 2023 di Nusa Dua, Bali. (Dok. SKK Migas)

Bloomberg Technoz, Bali - Enam belas perjanjian komersialisasi yang terdiri dari sembilan perjanjian jual beli gas (PJBG) dan tujuh penandatanganan Head of Agreement (HOA) diteken dalam acara International Convention on Indonesian Upstream Oil and Gas (ICIUOG) 2023 di Nusa Dua, Bali pada Rabu (20/9/2023). Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migas (SKK Migas) Dwi Soetjipto mengatakan, ini menjadi momentum tepat bagi para pelaku usaha untuk mempererat kerja sama sejalan dengan program peningkatan penggunaan migas. 

“Berbagai perjanjian penjualan minyak dan gas bumi akan ditandatangani pada hari ini dan pada hari Jumat (22/9/2023) dengan estimasi revenue US$4.760,66 juta," kata Dwi di sela acara di BNDCC Nusa Dua, Bali, Rabu (20/9/2023).

Dwi menuturkan industri hulu migas selalu berusaha mencapai target jangka panjang dalam pemenuhan kebutuhan energi. Hal itu akan juga menjadi pembahasan dalam ICIUOG 2023.

 “Kami harap dukungan serta masukan stakeholder bisa menjadi basis penting dalam upaya meningkatkan investasi hulu migas demi mendapatkan cadangan sekaligus mengurangi emisi,” ujar Dwi.

Berikut daftar penandantanganan perjanjian tersebut: