Logo Bloomberg Technoz

Jiwasraya Masih Butuh Tambahan Dana Rp 3 T

News
13 February 2023 22:19

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi VI DPR RI)
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi VI DPR RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kartika Wirjoatmodjo menyatakan PT Asuransi Jiwasraya (Persero) masih akan mendapatkan dana lewat skema penyertaan modal negara (PMN) sebesar Rp 3 triliun.

“Kami sudah laporkan ke Kementerian Keuangan dan Banggar (Badan Anggaran), jadi kami akan ajukan mulai minggu depan surat untuk penambahan PMN Rp 3 triliun untuk Jiwasraya,” jelas Kartika dalam rapat Kementerian BUMN bersama Komisi VI DPR di Jakarta, Senin (13/2/2023).

Hal ini menjadi bagian dari proses restrukturisasi Jiwasraya, dimana hingga kini terdapat kekurangan dana aset polis sebesar Rp 7,5 triliun  yang belum pindah ke PT Asuransi IFG Life.

“Ada beberapa item produk yang belum kita pindahkan karena ada kekurangan dana Rp 7,5 triliun, oleh karena itu mungkin kami meregister dalam rapat ini bahwa kita memang membutuhkan tambahan PMN untuk penyelesaian Jiwasraya karena memang sita jaminan dan eksekusinya tidak bisa dipercepat,” kata Kartika.

Diketahui pemerintah sebelumnya telah memberi PMN Rp 20 triliun dalam rangka penyelamatan Jiwasraya. Sejatinya usulan penambahan modal Rp 22 triliun, hingga berdasarkan kalkulasi masih terdapat kekurangan dana.