Logo Bloomberg Technoz

Euforia Uji Coba Kereta Cepat, Saham WIKA Melaju Kencang

Muhammad Julian Fadli
19 September 2023 11:50

Presiden Jokowi mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Rabu (13/9/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Jokowi mencoba Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Rabu (13/9/2023). (Foto: BPMI Setpres/Muchlis Jr)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Uji coba Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) untuk umum resmi digelar sejak Jumat (15/9/2023) kemarin. Euforia uji coba ini terasa hingga ke pasar saham, yang membuat harga saham PT Wijaya Karya Tbk (WIKA) sebagai penyetor modal melalui konsorsium ikut menguat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah melakukan uji coba perdana pada Rabu (13/9/2023) bersama para pejabat pemerintah dan sejumlah selebritis nasional seperti Raffi Ahmad dan Gading Marten.

Momen tersebut menjadi penanda KCJB dibuka untuk diujicobakan publik hingga hari peresmian nantinya, yang digadang-gadang akan siap pada 1 Oktober.

KCJB menjadi salah satu megaproyek bernilai Rp112 triliun yang dicatatkan pemerintahan Presiden Jokowi. Didaulat sebagai kereta cepat pertama di Asia Tenggara, KCJB bisa beroperasi dengan kecepatan tertinggi hingga mencapai 352 km/jam.

Impresi dari sang Presiden menaiki kereta ini dibahasakan dengan kata-kata nyaman dan lancar, dengan kecepatan di atas 350 km/jam. Bahkan Jokowi juga mengatakan tidak merasakan getaran atau guncangan apapun walaupun kereta telah berjalan dengan kecepatan setinggi itu.