Logo Bloomberg Technoz

Palo Alto Networks: UKM Indonesia Banyak Terkena Serangan Siber

Yunia Rusmalina
18 September 2023 21:00

Country Manager Palo Alto Networks Indonesia, Adi Rusli. (Sumber: Bloomberg Technoz/Yunia)
Country Manager Palo Alto Networks Indonesia, Adi Rusli. (Sumber: Bloomberg Technoz/Yunia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Palo Alto Networks melakukan survei secara online pada bulan April 2023. Hasil survei yang melibatkan sekitar 500 pimpinan di bidang IT di Asia Tenggara menunjukkan serangan siber di Indonesia banyak menyerang Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Hasil survei juga menunjukkan bahwa serangan siber terbesar adalah account takeover (ATO) hingga mencapai 64%. Sementara itu, serangan malware (ransomware, spyware, dan adwre) berada di angka 58%.

Account takeover merupakan bentuk kejahatan penipuan yang mengambil alih akun tanpa adanya komunikasi antara korban dan pelaku, namun korban dapat langsung merasakan  dampak dari pencurian akun tersebut.

Country Manager Palo Alto Networks Indonesia, Adi Rusli menjelaskan  pelaku kejahatan siber terus mengembangkan strategi penyerangan mereka, sementara sejumlah besar UKM masih menganggap keamanan siber sebagai suatu tindakan jangka pendek.

“Hal ini menjadi alasan bagi mereka (UKM) tidak memperbaharui kemampuan keamanan siber untuk mengimbangi serangan kejahatan siber,” kata Adi Rusli dalam acara Media Briefing Palo Alto  Networks, Senin (18/9/2023).