Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Fungsi Action Button di iPhone 15 Pro

Yunia Rusmalina
18 September 2023 16:20

Beda tombil action button di model Pro dan non Pro iPhone 15. (Dok: applehub)
Beda tombil action button di model Pro dan non Pro iPhone 15. (Dok: applehub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kemunculan iPhone seri 15, smartphone terbaru Apple Inc. membuat para pengguna lama —yang ingin upgrade—bersiap untuk beradaptasi dengan banyaknya fitur baru. Salah satunya ‘action button’ yang ada di sisi tepi iPhone, menggantikan tombol mode diam.

‘Action button’ muncul pada model Pro iPhone 15, tepatnya iPhone 15 Pro dan 15 Pro Max. Tombol aksi ini dapat diprogram, termasuk kembali memasukkan mode diam (silent) ataupun shortcut ke program-program seperti kamera, mengaktifkan flash, ataupun layanan translate.

Actin button telah lebih dulu pada tahun lalu pada perangkat Apple Watch Ultra. Fitur ini menjadi pertama kali hadir pada iPhone sejak tombol kontrol dering-diam selalu ada pada perangkat sejak 2007.

Pengunjung melihat Apple iPhone 15 Pro di kampus Apple Park di Cupertino, California, AS, Selasa (12/9/2023). (David Paul Morris/Bloomberg)

Untuk memprogram ulang action button, pengguna masuk ke menu setting, lantas pilih bagian 'action button' pada bagian bawah menu. Terdapat sekitar 9 program yang dapat diatur dengan menekan 'choose a shortcut...' untuk kemudian pilih sesuai keinginan.

Usai perilisan awal minggu lalu, iPhone semakin banyak diulas, selain action button pada model Pro hadir pula cip baru, A17 sebagai penerus A16 pada iPhone 14 Pro Max. Sedangkan pada iPhone 15 ataupun 15 Plus tetap dengan cip yang sama tahun lalu.