Logo Bloomberg Technoz

Dukung Prabowo, Demokrat Disebut Gabung Koalisi Indonesia Maju

Fransisco Rosarians Enga Geken
17 September 2023 18:30

Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) . (Foto: SBY Team/DPP-PD)
Presiden RI ke-6 yang juga Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) . (Foto: SBY Team/DPP-PD)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai Demokrat akhirnya memutuskan berlabuh ke Koalisi Indonesia Maju yang mengusung Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu 2024. Hal ini terungkap usai Prabowo bertemu empat mata secara tertutup dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Hambalang, Minggu Sore (17/9/2023).

"Intinya acara di Hambalang ini menyatakan bahwa kita menerima dengan rasa syukur gembira suka cita Alhamdulillah bahwa Partai Demokrat hari ini secara resmi menyatakan dukungannya kepada Pak Prabowo untuk menjadi calon presiden di 2024," kata Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasinal (PAN), Viva Yoga Mauladi yang turut hadir dalam acara.

Sebelum pertemuan tertutup, Koalisi Indonesia Maju juga menggelar acara penyambutan kepada rombongan Partai Demokrat. Selain SBY, nampak sejumlah petinggi partai tersebut seperti Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), dan Ketua Komisi Pemenangan Pemilu Edhie Baskoro Yudhoyono.

Sejumlah petinggi Koalisi Indonesia Maju juga nampak hadir termasuk Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Selain itu juga petinggi koalisi yang berasal dari Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Prima, Partai Gelora, Partai Garuda, dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

"Seluruh Ketua Umum hadir, kecuali bang Yusril (Ketum PBB Yusril Ihza Mahendra). Karena lagi ada acara di luar negeri," ujar Viva.