Logo Bloomberg Technoz

Wamen BUMN: Restrukturisasi Jiwasraya Tuntas Bulan Depan

Mis Fransiska Dewi
14 September 2023 18:00

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi VI DPR RI)
Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI (Tangkapan layar youtube Komisi VI DPR RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) I Kartika Wirjoatmodjo menyatakan restrukturisasi polis asuransi PT Asuransi Jiwasraya (Persero) atau Jiwasraya akan rampung pada Oktober 2023.

“Untuk restrukturisasi Jiwasraya, Oktober ini [2023]  semua tuntas,” kata Tiko sapaan akrabnya saat ditemui usai rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks DPR, Kamis (14/9/2023). 

Proses pemindahan polis Jiwasraya ke Indonesia Financial Group (IFG) membutuhkan suntikan dana melalui penyertaan modal negara (PMN) senilai Rp3 triliun. PMN akan cair tahun ini juga.

Dia menyatakan PMN Rp3 triliun untuk IFG merupakan suntikan terakhir dari negara dan sudah berjalan. Tiko menyebutkan, IFG akan menerima PMN Rp3,56 triliun pada tahun anggaran 2024 yang berasal dari hasil lelang aset rampasan Jiwasraya.

“Rp3,56 triliun itu sebenarnya bukan PMN yang benar, ini sebenarnya sita rampasan Kejaksaan, uangnya sudah masuk untuk mengeluarkan lagi [melalui mekanisme] PMN. Jadi ini PMN sita rampasan,” tegas Tiko.