Logo Bloomberg Technoz

Dalam rapat bersama Komisi VI DPR RI, Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan, total PMN yang akan diberikan kepada BUMN senilai Rp28,16 triliun. Salah satu PMN itu akan diberikan kepada IFG sebagai penyelesaian penyelamatan pemegang polis Jiwasraya.

“IFG mendapatkan Rp3,56 triliun untuk penyelesaian sitaan yang ada di Kejaksaan Agung, berupa barang yang ditukar dengan uang tunai. Ini termasuk bantuan penyelesaian untuk IFG Jiwasraya,” kata Erick.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebelumnya menyebutkan para pemegang polis asuransi Jiwasraya menolak program restrukturisasi Jiwasraya. Untuk itu, Jiwasraya melakukan penawaran kembali kepada pemegang polis agar bisa ikut serta dalam peralihan polis ke IFG life.

Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun OJK Ogi Prastomiyono mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo turut berpesan agar persoalan Jiwasraya—yang bermula dari gagal bayar, korupsi, hingga ketidakbecusan penempatan investasi—segera dituntaskan.

“Jiwasraya memang beberapa pertemuan sampai high level, sampai ke rapat terbatas dengan Bapak Presiden bahwa penyelesaian asuransi Jiwasraya itu perlu juga terhadap para pemegang polis yang pada saat itu belum menyetujui restrukturisasi polis, itu ditawarkan kembali program restrukturisasinya, yang semula menolak,” kata Ogi dalam konferensi pers Rapat Dewan Komisioner (RDK) OJK, Selasa (5/9/2023).

Ogi menambahkan bahwa kini manajemen Jiwasraya dan IFG life sedang menyusun rencana aksi terhadap rencana penyehatan keuangan (RPK). Penyusunan awal berlangsung sejak 2020.

“Termasuk penyelesaian pemegang polis yang tidak bersedia restrukturisasi dan tetap stay di asuransi Jiwasraya. [terkait] rencana aksi, kita sudah beberapa kali pertemuan dengan manajemen Jiwasraya dan IFG life. Dan ini sudah ada progres cukup baik,” ucap Ogi.

(mfd/wep)

No more pages