Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub Tegur Batik Air Kasus Mati AC hingga Diamuk Penumpang

Angga Indrawan
14 September 2023 17:10

Pesawat Batik Air (Dok. Batik Air)
Pesawat Batik Air (Dok. Batik Air)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan melalui Ditjen Hubungan Udara melayangkan surat teguran kepada Batik Air buntut viral amukan penumpang karena AC mati dan lambat menurunkan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta beberapa waktu lalu. Peristiwa tersebut berujung viral usai salah satu penumpang nekat membuka pintu darurat pesawat.

"Kami telah  memberikan teguran keras kepada  Batik Air dan secara paralel melakukan investigasi atas kejadian tersebut," ujar Dirjen Hubungan Udara Kemenhub, M Kristi Indah Murni dalam keterangannya, Kamis (14/9/2023).

Berdasarkan laporan awal yang diterima Kemenhub. Pesawat Batik Air yang bermasalah tersebut adalah PK-LAT dengan nomor penerbangan BTK 6293 rute Makassar - Jakarta pada Kamis (7/9). Selain pesawat mengalami tidak berfungsinya AC, seluruh lampu kabin juga padam. Peristiwa itu memancing kekhawatiran dan ketidaknyamanan para penumpang. 

"Kemenhub meminta Batik Air melakukan langkah-langkah perbaikan dengan melakukan root cause analysis guna menemukan penyebab masalah tersebut kepada Ditjen Perhubungan Udara," bunyi surat teguran tersebut.

Kemenhub juga meminta maskapai ,eningkatkan kapabilitas komunikasi pada personel terkait dengan kegiatan penerbangan penumpang dan unit kerja terkait di Bandar Udara.