Logo Bloomberg Technoz

Ada Kecemasan Defisit Pasokan, Harga Minyak Pepet Rekor Tertinggi

News
14 September 2023 06:17

Ilustrasi minyak bumi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi minyak bumi (Sumber: Bloomberg)

Alex Longley dan Julia Fanzeres - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak dunia mendekati level tertinggi tahun ini menyusul proyeksi International Energy Agency (IEA) bahwa pasar akan mengalami defisit pasokan yang signifikan di paruh kedua tahun ini.

IEA memproyeksikan bahwa permintaan akan melampaui pasokan sebesar 1,2 juta barel per hari rata-rata selama paruh kedua tahun ini. Proyeksi ini menyusul perkiraan dari Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) bahwa kuartal keempat mungkin akan mengalami defisit terbesar dalam lebih dari satu dekade.

Angka-angka ini memperkuat perubahan sentimen yang kuat dalam beberapa minggu terakhir. Di pasar opsi, permintaan meningkat untuk opsi bullish, sementara pengukur utama yang dikenal sebagai timespreads diperdagangkan dalam backwardation bullish, menunjukkan pasokan yang langka.

West Texas Intermediate berfluktuasi mendekati US$88 per barel sepanjang sesi, sebagian besar mengikuti pergerakan pasar saham. Namun, para trader bersiap untuk potensi koreksi turun karena indikator teknis seperti indeks kekuatan relatif menunjukkan bahwa futures mendekati wilayah yang jenuh beli setelah kenaikan baru-baru ini.