Logo Bloomberg Technoz

Bank Sentral Singapura Minta Bank Cek Transaksi Pencucian Uang

News
08 September 2023 15:10

Pulau Sentosa di Singapura (Sumber: Bloomberg)
Pulau Sentosa di Singapura (Sumber: Bloomberg)

Chanyaporn Chanjaroen dan Low De Wei - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Singapura (Monetary Authority Singapore/MAS) telah meminta lembaga-lembaga keuangan untuk menyelidiki semua hubungan yang terjalin dengan individu terkait dalam skandal pencucian uang senilai lebih dari $1,8 miliar dolar Singapura atau setara Rp20,25 triliun. 

Menurut salinan instruksi tanggal 30 Agustus yang dilihat oleh Bloomberg News, Monetary Authority of Singapore (MAS) telah mengirimkan catatan kepada kepala kepatuhan semua perusahaan keuangan di negara kota tersebut untuk memeriksa setiap transaksi mencurigakan atau tidak biasa yang dilakukan masyarakat sejak awal tahun 2020. Bank-bank harus memeriksa transaksi yang berkaitan dengan 34 individu, termasuk 10 tersangka yang ditangkap bulan lalu.

Orang-orang ini "mungkin terlibat dalam aktivitas ilegal," kata direktur eksekutif departemen anti-pencucian uang MAS dalam catatan tersebut.

"Sebagai bagian dari kebijakan, MAS tidak mengomentari hubungan kami dengan lembaga keuangan," kata juru bicara MAS dalam tanggapannya terhadap pertanyaan dari Bloomberg News.