Logo Bloomberg Technoz

Pemilihan Gubernur BoJ Bisa Buat Friksi Partai Berkuasa Jepang

News
09 February 2023 18:02

Bank of Japan (Sumber: Bloomberg)
Bank of Japan (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota partai berkuasa di Jepang, Liberal Democratic Party (LDP) meramalkan akan timbul friksi di dalam partai jika Perdana Menteri Fumio Kishida memilih Hirohide Yamaguchi sebagai Gubernur Bank of Japan (BoJ) berikutnya.

Mengutip Bloomberg News, beberapa anggota partai LDP mengatakan bakal ada oposisi di dalam partai jika Kishida memilih Yamaguchi sebagai gantinya. Mereka memilih untuk tidak menyebutkan nama.

Nilai mata uang Yen terpantau berfluktuasi melonjak sedangkan dolar AS jatuh sehubungan dengan beredarnya laporan tersebut. Begitu juga dengan indeks saham di Jepang.

Nama Yamaguchi baru-baru ini muncul di urutan ketiga dalam jajak pendapat ekonom tentang calon gubernur BoJ yang paling berpotensi. Dibandingkan dengan kandidat lainnya, Yamaguchi dianggap paling hawkish.

Jika ia terpilih, pelaku pasar berharap keputusan tersebut menyebabkan volatilitas pasar yang besar dan mengirimkan sinyal bahwa pemerintah dapat mengambil langkah perubahan kebijakan menuju normalisasi.