Logo Bloomberg Technoz

Partai Berkuasa di Jepang Siap Ajukan RUU LGBTQ

News
07 February 2023 16:43

Pekerja Jepang (Sumber: Bloomberg)
Pekerja Jepang (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Partai berkuasa di Jepang sedang menyiapkan pengajuan rancangan undang-undang (RUU) yang mendorong pemahaman tentang isu-isu mengenai komunitas LGBTQ.

Mereka juga berupaya memulihkan kerusakan yang timbul dari komentar diskriminatif yang dibuat oleh seorang sekretaris dari Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida beberapa waktu lalu.

"Partai Demokrat Liberal (LDP) berupaya untuk menciptakan masyarakat inklusif yang menghormati keragaman. Kami juga ingin menggalakkan pemahaman tentang orientasi seksual dan identitas gender." kata Sekretaris Jenderal partai Toshimitsu Motegi kepada wartawan, Senin (06/02/2023), dikutip dari Bloomberg News.

Akhir pekan lalu, Kishida memecat seorang sekretaris yang menyampaikan kepada wartawan dalam informasi off-record bahwa dia tidak suka melihat pasangan sesama jenis dan tidak ingin tinggal bersebelahan dengan mereka. Kishida menegaskan bahwa komentar sekretarisnya itu "sepenuhnya bertentangan dengan kebijakan pemerintah."

Komentar sekretaris Kishida ini mendapat banyak sorotan, mengingat Jepang tengah bersiap untuk menjadi tuan rumah KTT G-7 pada Mei mendatang.

Toshimitsu Motegi, sekretaris jenderal Partai Demokrat Liberal Jepang (LDP). (Sumber: Bloomberg)