Logo Bloomberg Technoz

Pertalite Bakal Dihapus, Pertamina Minta Etanol Bebas Cukai

Sultan Ibnu Affan
31 August 2023 08:20

Ilustrasi pengisian BBM di pom bensin/SPBU (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pengisian BBM di pom bensin/SPBU (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Pertamina (Persero) meminta pemerintah menghapuskan cukai etanol yang akan digunakan sebagai bahan baku bauran bioetanol untuk bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan, termasuk konversi Pertalite menjadi Pertamax Green 92.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengutarakan produksi bensin bauran bioetanol perseroan saat ini bukan ditujukan untuk mencari untung. Sebab, komoditas etanol masih dikenai cukai Rp20.000/liter lantaran dianggap sebagai produk alkohol.

“Jadi kami minta pembebasan cukai supaya kita bisa dorong karena manfaatnya sangat besar. Kita melihat dari sisi regulasi sebenarnya sudah ada. Mandatorinya itu dimulai dari 2015 dengan E2 [bauran etanol 2%],  pada 2016 secara aturan  harusnya naik jadi E5, lalu 2020 menjadi E10, dan secara gradual meningkat sampai 2025 itu E20," ujarnya saat rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI, Rabu (30/8/2023).

Terkait dengan produksi bensin bauran bioetanol, Nicke mengatakan bahan bakar nabati (BBN) berbasis tetes (molasses) tebu tersebut adalah yang paling masuk akal dikembangkan di dalam negeri. Salah satu anak usaha PT Perkebunan Nusantara (PTPN) dikatakan dapat memproduksinya dengan kapasitas 30.000 ton per tahun.

Untuk saat ini suplai bioetanol untuk bauran BBM Pertamina masih didatangkan dari Jawa Timur, yang notabene kantong produksi tebu di Indonesia, meski tidak disebutkan volumenya. Adapun, bauran tersebut dikirim melalui terminal BBM terintegrasi di Surabaya langsung ke Jakarta.