Logo Bloomberg Technoz

MIND ID Bidik Australia dan Afrika untuk Akuisisi Tambang Litium

Sultan Ibnu Affan
27 August 2023 11:30

Ilustrasi Baterai Litium-ion (Sumber: Kiyoshi Ota/Bloomberg)
Ilustrasi Baterai Litium-ion (Sumber: Kiyoshi Ota/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Holding BUMN sektor pertambangan PT Mining Industry Indonesia (MIND ID) ingin mengakuisisi tambang litium di luar negeri di tengah meningkatnya permintaan terhadap komoditas krusial untuk industri baterai kendaraan berbasis listrik atau electric vehicle (EV),

SVP Corporate Secretary MIND ID Hery Yusuf mengatakan, perusahaan pertambangan pelat merah itu sedang melirik beberapa negara produsen litium, seperti Australia dan Afrika.

"MIND ID melakukan penjajakan sumber daya di beberapa lokasi di dunia, seperti Australia dan Afrika," ujarnya saat dihubungi, Minggu (27/8/2023).

Heri mengatakan pihaknya juga tengah melakukan kajian dan memantapkan strategi untuk memenuhi kebutuhan elemen penting dalam produksi baterai EV tersebut. Pasalnya, jumlah cadangan yang ditemukan di dalam negeri belum memadai untuk diproduksi secara ekonomis.

"Terutama yang sumber dayanya tidak terdapat dalam jumlah ekonomis untuk diekstrak seperti grafit dan lithium. Sehingga, akuisisi tambang di luar negeri adalah salah satu strategi yang dipertimbangkan,"