Logo Bloomberg Technoz

Booming EV, MIND ID Bakal Akuisisi Tambang Litium di Luar Negeri

Sultan Ibnu Affan
25 August 2023 11:40

Ilustrasi lithium (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi lithium (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Nusa Dua Holding BUMN sektor pertambangan PT Mining Industry Indonesia (MIND ID) berencana mengakuisisi tambang litium di luar negeri, di tengah meningkatnya permintaan terhadap komoditas krusial untuk industri baterai kendaraan berbasis listrik atau electric vehicle (EV) itu.

Direktur Utama MIND ID Hendri Prio Satrio mengungkapkan dalam waktu dekat pihaknya bakal melirik perluasan bisnis ke sektor mineral logam yang sedang menjadi primadona di industri EV itu.

"Saat ini kami juga bertujuan untuk mengamankan mineral penting lainnya, seperti litium," ujarnya dalam Forum Diskusi Critical Minerals Asean Energy Bussines Forum (AEBF) 2023, Jumat (25/8/2023).

Produsen Baterai Litium-ion (Sumber: Bloomberg)

Hendri mengatakan rencana tersebut menyusul permintaan mineral tersebut yang kian melonjak hingga saat ini. Di Indonesia sendiri, kata dia, litium masih harus diimpor mengingat jumlah cadangan yang ditemukan di dalam negeri belum memadai untuk diproduksi secara ekonomis.

Berdasarkan catatan MIND ID, industri hulu tambang dalam negeri masih mengimpor lithium hydroxide dari China, Australia, hingga Cile dengan kebutuhan sekitar 70.000 ton per tahun.