Logo Bloomberg Technoz

Pertamina Geothermal (PGEO) Incar Aset Panas Bumi di Kenya

Krizia Putri Kinanti
18 August 2023 18:15

Pencatatan perdana saham PT Pertamina Geothermal Energi Tbk (PGEO). (Dok Rony Zakaria/Bloomberg)
Pencatatan perdana saham PT Pertamina Geothermal Energi Tbk (PGEO). (Dok Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGEO) akan berekspansi dengan menggarap aset tambang panas bumi di luar negeri. Benua Asia hingga Afrika menjadi sasaran ekspansi tersebut.

Direktur Utama PT Pertamina Ceothermal Energy Tbk (PGEO) Julfi Hadi mengatakan, ekspansi akan dilakukan melalui sejumlah tahapan. "Sebagai tahap awal, kami akan menjajaki pengembangan bisnis di Kenya, Benua Afrika," ujarnya dalam keterbukaan informasi, Jumat (18/8/2023).

Kenya dipilih karena pertumbuhan negara ini relatif stabil. Faktor keamanan yang terus membaik juga menjadi pertimbangan utama anak usaha Pertamina itu menyasar Kenya.

Pada saat yang bersamaan, Kenya tengah berambisi untuk menjadikan panas bumi sebagai sumber energi bersih terbesar di negaranya pada tahun 2030.

"Pemerintah Kenya juga memiliki kebijakan untuk meningkatkan jumlah tenaga panas bumi secara signifikan karena bersifat alami, mampu memenuhi beban listrik dasar (baseload), ramah lingkungan, dan hemat biaya," terang Julfi.