Logo Bloomberg Technoz

Ukraina dan Perusahaan Asuransi Berunding untuk Ekspor Gandum

News
22 August 2023 08:10

Ilustrasi komoditas gandum (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi komoditas gandum (Sumber: Bloomberg)

Alex Longley dan Volodymyr Verbyany - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Ukraina sedang dalam pembicaraan dengan perusahaan-perusahaan asuransi untuk memulai program baru yang akan menjamin kapal yang mengangkut gandum melintasi Laut Hitam.

Layanan tersebut dapat dimulai secepatnya pada awal September, meskipun kerangka kerjanya masih dikerjakan, kata Marcus Baker, kepala global bidang maritim, kargo, dan logistik di broker asuransi Marsh.

Program ini akan membantu memberikan perlindungan untuk kapal yang mengangkut gandum Ukraina dari pelabuhannya di Laut Hitam utara, yang belum melihat kapal gandum masuk sejak Rusia keluar dari perjanjian untuk memfasilitasi pengiriman tersebut pada Juli. Keputusan Rusia ini membatasi ekspor Ukraina ke rute sungai, jalan, dan kereta api yang lebih panjang selama panen tahun ini, membatasi aliran ekspor ke luar negeri.

Meskipun ada kesepakatan, ekspor dari Ukraina tetap berisiko karena Rusia telah menyatakan bahwa semua kapal menuju pelabuhan Ukraina akan dianggap sebagai kapal yang berpotensi membawa muatan militer. Masih belum jelas siapa yang akan menanggung pembayaran klaim asuransi itu dan bagaimana klaim akan dibayar.