Logo Bloomberg Technoz

Proyek Bandara VVIP IKN Siap Dilelang, Lahan Juga Ditawarkan

Mis Fransiska Dewi
17 August 2023 00:05

Sebuah jalan membentang di dekat Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)
Sebuah jalan membentang di dekat Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (8/3/2023). (Rony Zakaria/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta -Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan siap melelang proyek pembangunan bandara very very important person (VVIP) di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Lelang bandara VVIP tersebut rencananya akan dilakukan pada Oktober 2023 mendatang.

"Proyek bandara VVIP di IKN siap dilelang. Kalau perencanaannya sudah dilaksanakan," kata Basuki usai acara konferensi pers Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2024 di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Basuki juga menyebutkan, lahan di IKN yang bisa dibeli oleh investor merupakan Kawasan Inti Pusat Pemerintahan seluas 6.600 hektare. “Mekanismenya mengajukan ke Otorita, lalu Otorita mengajukan ke ATR (Agraria dan Tata Ruang) untuk keluar hak guna bangunan (HGB)-nya. Jika sudah keluar HGB baru bisa dibeli,” tutur Basuki. 

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, anggaran untuk IKN pada 2024 sebesar lebih dari Rp40 triliun. Pemerintah tetapi terus mencoba mendapatkan pendanaan IKN dari sektor swasta.

"Total keseluruhan Rp 40,6 triliun, termasuk untuk pembangunan airport untuk VIP," ungkap Sri Mulyani.