Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Masih Kaji Aturan WFH Swasta di Jakarta

Mis Fransiska Dewi
16 August 2023 14:50

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. (Dok. Biro Humas Kemnaker)
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. (Dok. Biro Humas Kemnaker)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah mengatakan, pemerintah masih menggodok potensi penerapan aturan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) di wilayah Jakarta. Menurut dia, pemerintah memiliki sejumlah pilihan tentang bagaimana formulasi kebijakan WFH tersebut akan diterapkan.

"Apakah Imbauan Menteri [Ketenagakerjaan], imbauan swasta sendiri [perusahaan], atau nanti imbauan dari Pemerintah Provinsi [DKI Jakarta]," kata Ida di kompleks Parlemen Senayan, Rabu (16/8/2023).

Menurut dia, kebijakan WFH para pekerjamemang menjadi salah satu solusi bagi penanganan cepat polusi udara di Jakarta. Meski demikian, dia memahami, kebijakan tersebut tak mudah bagi perusahaan swasta karena berkaitan dengan kinerja dan produksi.

"Tapi harus dicarikan jalan keluar memang. Jalan keluar bagaimana polusi ini tidak semakin buruk," kata Ida.

Presiden Joko Widodo atau Jokowi sempat mengumpulkan sejumlah menteri, kepala daerah, dan pimpinan lembaga negara dalam rapat terbatas penanganan polusi udara di kawasan Jabodetabek. Berdasarkan indeks kualitas udara, polusi di wilayah Jakarta terus stabil pada angka tidak sehat dalam beberapa pekan terakhir.