Logo Bloomberg Technoz

Pidato Kenegaraan 2023

Jokowi: Hilirisasi Jadi Penggerak Ekonomi Baru

Krizia Putri Kinanti
16 August 2023 11:05

Foto bersama Presiden Jokowi Sebelum Sidang Tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Foto Parlemen/ Runi)
Foto bersama Presiden Jokowi Sebelum Sidang Tahunan MPR, Rabu (16/8/2023). (Foto Parlemen/ Runi)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan hilirisasi sumber daya alam, merupakan salah satu prioritas investasi Indonesia untuk menyambut ekonomi baru masa depan.

Ia mengatakan Indonesia harus menyiapkan lapangan pekerjaa yang bisa menghasilkan produktivitas nasional yang mampu menyerap Sumber Daya Manusia (SDM) dan memberikan nilai tambah sebesar-besarnya.

"Di sinilah peran sektor Ekonomi hijau dan hilirisasi sebagai window opportunity kita untuk meraih kemajuan karena Indonesia sangat kaya sumber daya alam termasuk bahan mineral, hasil perkebunan, hasil kelautan, serta sumber energi baru dan terbarukan," ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan di Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (16/8).
 
Kendati demikian, Jokowi menekankan menjadi kaya akan sumber daya alam (SDA) saja tidak cukup. Ia tidak ingin Indonesia hanya sebagai pemilik lantaran itu akan membuat Indonesia menjadi bangsa pemalas yang hanya menjual bahan mentah kekayaannya tanpa ada nilai tambah maupun keberlanjutan.

"Saya ingin tegaskan Indonesia tidak boleh seperti itu. Indonesia harus menjadi negara yang juga mampu mengolah sumber dayanya, mampu memberikan nilai tambah dan menyejahterakan rakyatnya. Dan ini bisa kita lakukan melalui hilirisasi," katanya.

Pemerintah telah mewajibkan perusahaan tambang membangun pusat persemaian untuk menghutankan kembali lahan pasca tambang. Jokowi pun mengatakan hilirisasi yang tengah bergulir saat ini tidak hanya akan terbatas pada komoditas mineral saja.