Logo Bloomberg Technoz

Penyelamatan Melalui HK Tak Cukup Membuka Suspensi Saham WSKT

Mis Fransiska Dewi
15 August 2023 11:30

Logo Bursa Efek Indonesia - IHSG. (Dok Bloomberg)
Logo Bursa Efek Indonesia - IHSG. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sejumlah skema penyelematan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) muncul, termasuk dengan dengan menjadikan Hutama Karya (HK) sebagai 'dewa penyelamat'. Namun, rencana ini tak cukup jadi alasan Bursa Efek Indonesia (BEI) membuka suspensi saham emiten BUMN Karya tersebut.

Direktur Penilaian Perusahaan BEI I Gede Nyoman Yetna mengaku, pihaknya telah mendengar rencana penyelamatan tersebut. Ia bahkan telah menyampaikan permintaan penjelasan kepada Perseroan terkait pemberitaan mengenai rencana HK melakukan pengambilalihan aset milik Perseroan dalam rangka restrukturisasi dan alokasi dana Penyertaan Modal Negara (PMN).

"Sampai saat ini, kami masih menunggu tanggapan perseroan (WSKT)," ujarnya Nyoman, dikutip Selasa (15/8/2023).

Meski ada rencana penyelamatan tersebut, hal ini tak lantas membuka suspensi saham WSKT. Terlebih, suspensi dilakukan atas dasar WSKT yang tidak membayar sejumlah kewajiban.

"Mengenai suspensi efek perseroan di seluruh pasar yang telah disampaikan melalui pengumuman Bursa No. Peng-SPT-00006/BEI.PP3/05-2023 tanggal 8 Mei 2023 sehubungan Penundaan Pembayaran Bunga Ke-11 Obligasi Berkelanjutan IV Waskita Karya Tahap I Tahun 2020 (WSKT04CN1) dan No. Peng-SPT-00012/BEI.PP3/08-2023 tanggal 07-Aug-23 sehubungan Penundaan Pembayaran Pokok dan Bunga Ke-12 Obligasi Berkelanjutan IV Waskita Karya Tahap I Tahun 2020 (WSKT04CN1), pembukaan suspensi akan dilakukan apabila perseroan telah menyelesaikan semua kewajiban yang menjadi penyebab suspensi tersebut," tutur Nyoman.