Logo Bloomberg Technoz

Tren PHK Sektor Teknologi Masih Berlanjut

News
07 February 2023 11:34

Ilustrasi Logo Dell (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Logo Dell (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemutusan hubungan kerja massal semakin meluas di perusahaan teknologi dunia di tengah perlambatan pertumbuhan bisnis dan ekonomi yang goyah.

Dell Technologies Inc. menjadi perusahaan teknologi terakhir yang mengumumkan PHK. Menghimpun dari Bloomberg News, Dell mengatakan akan memangkas sekitar 6.650 pekerja, berjumlah sekitar 5% dari tenaga kerja globalnya.

Raksasa teknologi lainnya telah lebih dulu mengurangi jumlah karyawan mereka, termasuk perusahaan induk Google Alphabet Inc., Microsoft Corp., Amazon.com Inc. dan International Business Machines Corp. Menurut data Bloomberg, lebih dari 67.000 PHK telah terjadi di industri ini sejak awal tahun.

Fenomena ini adalah kelanjutan dari tren yang mengkhawatirkan dari tahun lalu. Sektor teknologi mengumumkan 97.171 PHK pada tahun 2022, naik 649% dibandingkan tahun sebelumnya, menurut perusahaan konsultan Challenger, Gray & Christmas Inc.

Perusahaan teknologi besar mendapat manfaat dari ledakan belanja daring dan kerja dari rumah atau WFH selama periode lockdown Covid-19 pada tahun 2020. Namun sekarang, banyak dari perusahaan ini melaporkan tingkat pertumbuhan yang mengecewakan karena perilaku pelanggan yang kembali normal.