Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Jebol Rp15.300-an Tersengat Aksi Jual Global

Ruisa Khoiriyah
14 August 2023 09:59

Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sesuai prediksi, nilai tukar rupiah pagi ini tidak bertahan menghadapi dolar Amerika Serikat dengan langsung terperosok menembus level support terkuat dan kini bertengger di kisaran Rp15.300-an per dolar AS.

Di pasar spot, dalam setengah jam perdagangan, nilai tukar rupiah langsung jeblok ke posisi terlemah di Rp15.328/US$, mengindikasikan dua titik support hari ini sudah tertembus.

Bila rupiah tidak memiliki sentimen penguat yang mampu membawanya bangkit, mata uang Indonesia ini bisa semakin terperosok ke Rp15.380/US$. Selanjutnya, apabila tekanan jual di pasar semakin besar, rupiah bisa kian amblas ke Rp15.400/US$.

Otot rupiah lunglai menghadapi pamor the greenback yang hari ini langsung melejit naik diikuti dengan kenaikan tingkat imbal hasil surat utang Amerika, US Treasury, tenor 2 tahun yang mendekati 5% di posisi 4,9% disusul tenor 10 tahun yang semakin naik yield-nya ke posisi 4,17%. 

Kenaikan yield itu mencerminkan besarnya tekanan jual yang melanda pasar obligasi. Bukan cuma di Amerika, aksi jual di pasar surat utang global berlangsung di pasar negara maju maupun negara berkembang. Terindikasi dari penurunan indeks obligasi S&P untuk negara maju dan indeks obligasi pasar negara berkembang yang tergerus 0,3%.