Logo Bloomberg Technoz

Erick Thohir Buka Opsi PKPU Waskita Karya (WSKT)

Sultan Ibnu Affan
07 August 2023 19:39

Waskita. (Dok. Waskita)
Waskita. (Dok. Waskita)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengakui jika pihaknya tengah membuka opsi untuk melakukan penundaan kewajiban pembayaran utang (PKPU) kepada PT Waskita Karya Tbk (WSKT).

"Kami sedang duduk dengan Menteri Keuangan. Prosesnya seperti apa. Kemarin salah satu opsinya ada [untuk melakukan] PKPU, atau ada restrukturisasi total, yang ini [juga] kita dorong. Nah, ini yang kami lalui, kami coba," ujar Erick di Jakarta, Senin (7/8/2023).

Meski begitu, dia tak membeberkan soal kepastian PKPU tersebut juga dapat berlaku untuk BUMN Karya yang lain yang tengah bernasib seperti WSKT. Dia juga menyinggung soal proses PKPU PT Istaka Karya yang baru jatuh tempo pada 2023. Padahal pengajuannya sudah sejak 2013 lalu.

Sekadar catatan,  WSKT mengalami gagal bayar bunga ke-12 dan pelunasan pokok atas obligasi berkelanjutan IV Tahap I Tahun 2022. Berdasarkan data yang dihimpun Bloomberg, BUMN Karya tersebut memiliki total utang sebesar US$8,9 juta atau Rp135,5 miliar, dengan bunga sebesar 10,75% per tahun.

Erick Thohir juga mengungkapkan alasan pembatalan PMN untuk PT Waskita Karya Tbk (WSKT) senilai Rp3 triliun.