Logo Bloomberg Technoz

FWD Asset Management (FWD AM) tengah mencuri perhatian pelaku pasar. Perusahaan akan membubarkan seluruh produk reksa dananya.

Total, ada 10 reksa dana yang akan dibubarkan. Kesepuluh reksa dana ini memiliki dana kelolaan atau asset under management (AUM) Rp2,03 triliun pada akhir Juni 2023.

"FWD menginformasikan bahwa berdasarkan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi terkini industri reksa dana dan perkembangan strategi bisnis perusahaan sehingga seluruh reksa dana PT FWD Asset Management dibubarkan," tulis pengumuman kepada nasabah.

Setelah pengumuman ini, maka seluruh nasabah sudah tidak dapat melakukan pembelian atau penambahan unit penyertaan (subscription) reksa dana FWD AM. Nasabah hanya bisa melakukan penjualan atau redemption sampai dengan tanggal 15 Agustus 2023.

BTS (Sumber: Oliver Contreras/Sipa/Bloomberg)

Army BTS Tolak PLTU di Butter Beach

Di tengah hujan lebat, penggemar K-Pop khususnya grup idol Bangtan Sonyeondan atau BTS menggelar protes di Pantai Maengbang, sisi Timur Korea Selatan, bulan lalu. Army, sebutan fandom BTS, berusaha melindungi pantai yang menjadi lokasi pemotretan dan video boyband tersebut dalam lagu berjudul 'Butter', pada 2021.

Pantai Maengbang sendiri kemudian lebih dikenal dengan sebutan 'Butter Beach'. Lokasi ini menjadi salah satu lokasi ziarah atau wajib dikunjungi para Army yang berasal dari Korea Selatan atau negara lainnya.

Protes Army sendiri ditujukan pada pembangunan sebuah pembangkit listrik tenaga batu bara yang berada sekitar enam mil atau sekitar 6,9 kilometer dari Butter Beach. Pembangunan PLTU raksasa ini dinilai akan merusak pantai bersejarah BTS.

Waskita. (Dok. Waskita)

Waskita (WSKT) Kian Terpuruk, Kerugian Setara 40% dari Pendapatan

Kinerja keuangan PT Waskita Karya Tbk (WSKT) semakin memprihatinkan. Rugi bersih BUMN karya di semester I-2023 itu mencapai Rp2,07 triliun.

Nilai itu membengkak 776,25% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, rugi Rp236,52 miliar. Kerugian bersih di paruh waktu pertama tahun ini juga sudah nyaris 40% dari pendapatan perusahaan.

Berdasarkan laporan keuangan, dikutip Kamis (3/8/2023), pendapatan usaha WSKT di semester I-2023 sebesar Rp5,27 triliun. Angka ini sendiri turun 13,42% secara tahunan dari sebelumnya Rp6,09 triliun.

Pendapatan usaha disumbang dari segmen jasa konstruksi yang mencapai Rp 4,34 triliun. Lalu perusahaan juga mendapat perolehan dari segmen jalan tol hingga Rp 548,37 miliar. Sementara dari segmen penjualan precast Rp 194,41 miliar.

Selanjutnya dari segmen penjualan infrastruktur lainnya, perusahaan mendapat Rp 28,75 miliar, sementara dari pendapatan hotel Rp 41,04 miliar. Lalu perolehan bunga dari jasa konstruksi, perusahaan memperoleh Rp 23,85 miliar.

Pembanguna LRT tampak dari udar. (dok Adhi)

Arsitek Longspan LRT Arvilla Delitriana Bicara Isu ‘Salah Desain’

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak menampik adanya kesalahan desain pembangunan jembatan melengkung atau longspan Kuningan di jalur kereta LRT Jabodebek. Dia menilai hal tersebut wajar karena Indonesia baru pertama kali membangun transportasi massal jenis kereta ringan.

Isu ini mencuat usai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo membeberkan sejumlah masalah dalam proyek LRT Jabodebek, salah satunya Longspan Kuningan. Menurut dia, PT Adhi Karya (Persero) Tbk. tak mengukur sudut kemiringan kereta LRT yang akan melintas.

Hal ini tecermin dari terlalu sempitnya jalur di Longspan Kuningan, sehingga kereta LRT tidak bisa melakukan manuver berbelok dengan kecepatan normal. Walhasil kata Tiko, kereta LRT harus menurunkan kecepatan hingga 20 Km/jam.

"Kalau tikungannya lebih lebar, bisa belok sambil speed up," kata dia.

Arsitek Arvilla Delitriana mengatakan, sejak awal kereta LRT Jabodebek memang harus melaju dengan kecepatan rendah saat melintasi jembatan melengkung di Kuningan.

Insinyur lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini adalah perancang Longspan Kuningan saat perusahaan tempatnya bekerja, PT Cipta Graha Abadi, bekerja sama dengan kontraktor LRT Jabodebek, Adhi Karya.

Hal ini sekaligus membantah anggapan jembatan melengkung sepanjang 148 meter dengan radius 115 meter tersebut adalah produk "salah desain".

Amerika Serikat (AS) biasanya selalu berharap jadi paling unggul dalam segala hal. Itulah sebabnya penurunan peringkat utang yang kedua kalinya ini mengguncang harga diri negara tersebut dan berdampak pada sistem keuangan global. 

Fitch Ratings mencabut peringkat utang AS dari level tertinggi pada Selasa (1/8/2023), mengikuti langkah yang dilakukan oleh S&P Global Ratings lebih dari satu dekade lalu. Penurunan peringkat yang dilakukan oleh kedua lembaga tersebut dipicu oleh kebuntuan atas kesepakatan batas utang negara. 

Sejarah menunjukkan bahwa dampak penurunan peringkat utang pada pasar keuangan mungkin tak akan lama, meskipun langkah itu bisa memicu lebih banyak konflik politik. 

Kereta cepat KCIC, Jakarta-Bandung (KCJB) di depo Tegalluar, Jawa Barat, Kamis (22/6/2023). (Dimas Ardian/Bloomberg)

Tak Ada Feeder dan Akses Jalan, Kereta Cepat Dinilai Tak Siap

Kendati segera diluncurkan medio bulan ini, Kereta Cepat Jakarta—Bandung (KCJB) dinilai akan gagal beroperasi secara optimal lantaran pemerintah melupakan sarana kunci penunjang megaproyek infrastruktur transportasi tersebut.

Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan dan Penguatan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno mengatakan isu sarana penunjang akses KJCB tidak sekadar persoalan infrastruktur jalan dari dan ke stasiun-stasiun kereta cepat.

Fasilitas kunci yang tidak tergarap dengan baik, tegasnya, justru adalah transportasi pengumpan (feeder).

“Sebenarnya bukan akses ke jalan tol, tetapi yang lebih penting adalah akses jalan masuk menuju jalan raya dan ke rumah warga. Kalau di Stasiun Halim sih enggak masalah karena dia di kota, tetapi kalau Stasiun Karawang itu kan banyak perumahan di sana. Angkutan umumnya bagaimana? Masak naik-turun ojol [ojek online]? Di Stasiun Padalarang juga. Seharusnya ada feeder menuju Stasiun Bandung dan ke perumahan,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (2/8/2023).

Dia mengatakan kalangan pakar transportasi sebenarnya sudah sejak lama mengingatkan kepada pemerintah —khususnya pemerintah daerah (pemda)— mengenai isu sarana transportasi penunjang stasiun kereta cepat.

Mantan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Kamis (3/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Anies Bersyukur 'Gempuran' Isu JIS & Formula E Jadi Promosi se-RI

Bakal calon presiden (capres) Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan menilai berbagai kritik, bahkan isu memojokkan terhadap dirinya justru menjadi promosi hal-hal yang dia kerjakan selama memimpin DKI Jakarta. Hal tersebut antara lain soal Jakarta International Stadium (JIS) dan penyelenggaraan Formula-E yang kerap jadi pro kontra.

Hal itu ia sampaikan saat diminta menanggapi soal apakah ada pihak-pihak yang berusaha menjegal dirinya di pencalonan presiden (pencapresan).

"Saya terima kasih kalau itu dibahas terus karena promosi gratis. Mahal betul lho, kalau bisa memulai itu, bisa diketahui oleh seluruh penduduk Indonesia. Semua penduduk Indonesia tahu Formula-E. Sekarang semua orang juga tahu JIS dipromosikan secara gratis," kata Anies saat ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta, Kamis petang (3/8/2023).

Dia lantas berkelakar bahwa karena hal tersebut dimunculkan terus-menerus membuat seluruh Indonesia kini tahu.

"Ternyata stadion ini keren juga, ya," ujar Anies soal JIS dan anggapan yang mungkin muncul setelah melihat foto stadion yang dahulunya adalah lapangan BMW itu.

Ilustrasi komoditas gandum (Sumber: Bloomberg)

Ancaman Resesi Reda, Dana Investor Mengalir ke Komoditas Lagi

Para investor telah kembali menaruh uang mereka di reksa dana kontrak investasi kolektif yang bisa diperdagangkan di bursa efek (ETF) komoditas seperti minyak hingga logam dan biji-bijian menyusul anggapan bahwa ekonomi dunia akan terhindar dari resesi, meskipun suku bunga tinggi masih menghantui.

Lebih dari US$350 juta telah masuk ke dalam 20 ETF yang melacak indeks komoditas pada Juli. Ini adalah bulan kedua di mana ramai arus dana masuk ke ETF pada tahun ini, demikian menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg. Arus masuk ini terjadi usai penarikan selama empat bulan.

"Tahun lalu telah terjadi eksodus besar-besaran dari produk indeks komoditas karena kekhawatiran resesi dan penurunan ekspektasi inflasi," kata Ryan Fitzmaurice, trader di broker komoditas Marex Group Plc.

"Namun, para investor sudah mulai kembali ke ETF indeks komoditas."

Rocky Gerung. (Tangkapan Layar via Twitter @rockygerung)

Kemasan Kritiknya Timbulkan Kegaduhan, Rocky Gerung Minta Maaf

Pengamat politik sekaligus akademisi Ilmu Filsafat Rocky Gerung menjelaskan soal kritikan yang dia lontarkan terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia kemudian meminta maaf karena ternyata kemasan kata-kata dalam kritiknya telah menimbulkan perselisihan dan kegaduhan masyarakat.

"Diskursus publik itu tidak boleh dihalangi oleh dendam pribadi. Memang itu dasarnya. Tetapi saya mengerti bahwa kasus ini kemudian membuka perselisihan di publik antara pro dan kontra. Nah itu yang buat kehebohan," ujar Rocky dalam pernyataan yang disiarkan secara langsung oleh sejumlah media nasional pada Jumat (4/8/2023)

"Saya minta maaf terhadap keadaan hari ini yang menyebabkan perselisihan itu berlanjut tanpa arah itu," kata dia.

Namun, dia menegaskan bahwa kritikan yang dilontarkan kepada Jokowi tersebut bukan bersifat pribadi melainkan untuk posisi Jokowi sebagai pejabat publik. Hal itu katanya juga sering dilakukan pada berbagai kesempatan.

Hyundai Ioniq 5 saat pameran IIMS 2023 di JIExpo, Jakarta, Kamis (16/2/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Insentif Kendaraan Listrik: Syarat Dipermudah, CBU Akan Bebas PPN

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalila mengatakan pemerintah akan memberikan insentif fiskal serta merevisi syarat stimulus pembelian kendaraaan listrik guna mempercepat adopsi electric vehicle (EV) di dalam negeri.

“Tadi kita sudah membahas agar bagaimana caranya kita bisa kompetitif dengan negara-negara lain, seperti di Thailand, kemudian Malaysia. Karena kalau tidak kita segera membahas ini, maka pasti kita akan melakukan ketertinggalan dari negara-negara tetangga kita,” ujarnya di Istana Kepresidenan, selepas ratas bersama Presiden Joko Widodo di Istana, dikutip dari laman Sekretariat Kabinet, Senin (31/7/2023).

Untuk memacu investasi EV di dalam negeri, Bahlil mengatakan pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah komprehensif baik dari segi regulasi maupun intensif, termasuk mengenai pajak pertambahan nilai (PPN) yang bakal diberikan sebesar 0% untuk mobil listrik completely built up (CBU) impor.

“Alhamdulillah tadi kita sudah memutuskan dalam rangka percepatan pembangunan investasi di mobil listrik. Sekarang kan yang sudah terjadi adalah Hyundai, yang sudah beroperasi, akan ke depan akan masuk BYD sama Wuling serta beberapa pabrik mobil lain lagi,” ungkap Bahlil.

Pada kesempatan yang sama, Bahlil juga mengatakan pemerintah akan memangkas sejumlah prosedur untuk mempermudah masyarakat dalam memperoleh kendaraan listrik.

(wdh)

No more pages