Logo Bloomberg Technoz

Army BTS Tolak PLTU di Butter Beach

News
03 August 2023 07:00

BTS (Sumber: Oliver Contreras/Sipa/Bloomberg)
BTS (Sumber: Oliver Contreras/Sipa/Bloomberg)

Heesu Lee -- Bloomberg News


Bloomberg, Di tengah hujan lebat, penggemar K-Pop khususnya grup idol Bangtan Sonyeondan atau BTS menggelar protes di Pantai Maengbang, sisi Timur Korea Selatan, bulan lalu. Army, sebutan fandom BTS, berusaha melindungi pantai yang menjadi lokasi pemotretan dan video boyband tersebut dalam lagu berjudul 'butter', pada 2021.

Pantai Maengbang sendiri kemudian lebih dikenal dengan sebutan 'Butter Beach'. Lokasi ini menjadi salah satu lokasi ziarah atau wajib dikunjungi para Army yang berasal dari Korea Selatan atau negara lainnya.

Protes Army sendiri ditujukan pada pembangunan sebuah pembangkit listrik tenaga batu bara yang berada sekitar enam mil atau sekitar 6,9 kilometer dari Butter Beach. Pembangunan PLTU raksasa ini dinilai akan merusak pantai bersejarah BTS.

Saat ini, masyarakat pun bisa melihat sejumlah kapal keruk yang sedang menuang pasir buatan di sepanjang garis pantai. Mereka juga meletakan sejumlah pemecah gelombang untuk mencegah erosi pantai. Rencananya, pembangkit listrik ini akan mulai beroperasi Oktober 2023.

Artikel Terkait