Logo Bloomberg Technoz

Produksi Tersendat Dipicu Cuaca dan Penyakit, Harga Kakao Naik

News
31 July 2023 18:40

Ilustrasi petani kakao. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi petani kakao. (Sumber: Bloomberg)

Mumbi Gitau, Ekow Dontoh dan Baudelaire Mieu - Bloomberg News

Bloomberg, Harga grosir biji kakao melonjak ke level tertinggi dalam lebih dari satu dekade. Para produsen bertaruh harga bahan utama cokelat itu akan tetap tinggi hingga 2024. Hal ini disebabkan terutama karena produksi di Afrika Barat, wilayah yang menyumbang dua pertiga dari panen kacang dunia, mulai tersendat.

Hujan lebat dan penyakit penyebab pembusukan merusak tanaman di sana, yang memicu kekhawatiran terkait kurangnya suplai biji kakao. Pengolahan biji-bijian juga merosot di seluruh dunia, yang sangat krusial dalam mengubah produk menjadi coklat. Fuad Mohammed Abubakar, kepala Ghana Cocoa Maketing Company di Inggris, mengatakan hal ini mengindikasikan bahwa pabrik sedang berjuang untuk menghasilkan volume yang memadai.

Hal ini mendorong para eksekutif dari perusahaan Lindt & Spruengli AG dan Hershey Co. memperingatkan pekan ini adanya kenaikan harga lebih lanjut. Bahkan setelah konsumen harus menelan biaya yang lebih tinggi untuk produk mereka.

Grafik kenaikan harga kakao. (Sumber: Bloomberg)

"Kami jelas berada dalam situasi yang sulit," kata Paul Joules, seorang analis kakao di Rabobank di London. "Kita bisa melihat perusahaan cokelat mengadopsi cokelat batangan yang lebih kecil dan harga yang berpotensi lebih tinggi."