Logo Bloomberg Technoz

PLN Diskon Tarif Listrik 30% untuk Isi Ulang Baterai EV di Rumah

Arif Subakti
31 July 2023 16:30

SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Kini Ada di Ruas Tol Jawa Tengah - 2 (Dok. PLN)
SPKLU Mobile Pertama di Indonesia Kini Ada di Ruas Tol Jawa Tengah - 2 (Dok. PLN)

Bloomberg Technoz, Jakarta – PT Perusahaan  Listrik Negara (PLN) bakal memberikan diskon sebesar 30% bagi pelanggan perseroan yang menggunakan listrik di rumah untuk keperluan pengisian baterai kendaraan listrik.

Direktur Retail dan Niaga PLN Edi Srimulyanti memproyeksikan aktivitas pengisian ulang baterai kendaraan listrik kemungkinan besar akan lebih banyak terjadi di permukiman, alih-alih di stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU).

Untuk itu, guna menarik minat masyarakat beralih menggunakan kendaraan listrik, perseroan berencana membuat tarif pengisian baterai kendaraan di rumah lebih murah ketimbang di SPKLU.

“Jadi kalau nge-charge di rumah itu jauh lebih murah, seperti ngopi di rumah. Namun, kalau di SPKLU lebih seperti ngopi di kafe karena ada biaya layanan Rp25.000 [untuk fast charging] dan Rp57.000 [untuk ultra fast charging]. Yang home charging kan tarifnya masih Rp1.699/kWh,” ujarnya, Senin (31/7/2023).

Edi mengatakan untuk PLN  bakal memberikan potongan khusus bagi pelanggan rumahan yang menggunakan listrik untuk keperluan isi ulang baterai kendaraan pada kisaran pukul 22:00—05:00.