Logo Bloomberg Technoz

Nasabah Bank Jadi Incaran, Serangan Penipuan Online Merajalela

News
26 July 2023 16:20

Ilustrasi pop up virus pada aplikasi BCA. (dok tangkapan layar)
Ilustrasi pop up virus pada aplikasi BCA. (dok tangkapan layar)

Bloomberg Technoz, Jakarta -  Serangan penipuan online yang mengincar nasabah sejumlah bank besar semakin massif. Muncul berbagai modus baru yang harus diantisipasi meskipun berbagai modus lama juga masih membahayakan.

Terbaru, serangan dari para penipu terhadap aplikasi BCA Mobile. Berdasarkan informasi dari media sosial modus penipuan ini cukup canggih karena bila nasabah memencet atau membuka aplikasi BCA Mobile akan muncul pop up yang berisi informasi ada peringatan virus. Kemudian, nasabah akan diminta untuk memencet tombol untuk menghilangkan virus tersebut, yang ternyata adalah tombol palsu yang berisi penipuan.

Belum diketahui secara pasti apakah modus penipuan ini sudah menyebar luas, karena Bloomberg Technoz belum pernah mengalami sendiri atau menerima laporan secara langsung terkait modus penipuan ini.

Namun, pihak BCA sudah angkat suara untuk memitigasi risiko dari modus penipuan ini. “Sehubungan dengan informasi yang beredar di sosial media terkait tampilan pop up peringatan virus di aplikasi BCA mobile, dapat kami sampaikan bahwa nasabah agar berhati-hati atas hal tersebut," kata EVP Corporate Communication BCA, Hera F Haryn, Senin (24/7/2023).

Nasabah juga diminta tidak melakukan atau klik apapun saat ada pop up peringatan virus muncul. Kepada nasabah juga diminta berlaku bijak dalam mengunduh dan install aplikasi apapun yang ada di PlayStore dan AppStore dan lainnya.