Logo Bloomberg Technoz

Dampak Pemanasan Global di Antartika yang Bikin Ilmuwan Khawatir

News
26 July 2023 13:10

Gletser Quito Di Antartika. (Sumber: Bloomberg)
Gletser Quito Di Antartika. (Sumber: Bloomberg)

Brian Kahn - Bloomberg News

Bloomberg, Di tengah gelombang panas yang menyerang dunia, dampak paling dramatis mungkin terjadi di Antartika.

Setiap musim panas, atau musim dingin jika Anda berada di belahan bumi selatan itu, biasanya terlihat es laut yang tumbuh, namun tahun ini yang terjadi tidaklah normal. Para ilmuwan sangat terkejut saat melihat pertumbuhan es laut terhenti dengan cara yang belum pernah terlihat dalam sejarah modern.

Es laut antartika biasanya mencapai titik nadir antara Februari dan Maret sebelum tumbuh kembali selama enam bulan atau lebih. Tahun ini, pertumbuhan tersebut mencapai titik terendah sepanjang masa di bulan Februari, dan terlihat sulit untuk tumbuh kembali. Menurut analisis Pusat Data Salju dan Es Nasional (National Snow and Ice Data Center/NSIDC) ada bongkahan es seukuran Argentina yang hilang.

Es Antartika mencair (Isadora Romero/Bloomberg)

Antartika pun mencatat rekor terendah sepanjang tahun dalam catatan satelit es laut, yang sudah dilakukan selama hampir 45 tahun. Akan tetapi “rekor terendah” tidak cukup untuk menjelaskan fenomena ini. Para ilmuwan menyebutnya sebagai “six sigma” atau istilah yang mengacu pada penyimpangan dari norma dalam hal sigma, sebagai cara untuk membakukan data dan membuatnya lebih mudah untuk membandingkan dan menguji hipotesis.