Logo Bloomberg Technoz

Suhu Italia Capai 47 Derajat, Panas di Eropa Diprediksi Meningkat

News
19 July 2023 20:10

Warga berteduh saat cuaca panas akibat gelombang panas Charon, di Portisco, di pulau Sardinia, Italia, Selasa (18/7/2023). (Francesca Volpi/Bloomberg)
Warga berteduh saat cuaca panas akibat gelombang panas Charon, di Portisco, di pulau Sardinia, Italia, Selasa (18/7/2023). (Francesca Volpi/Bloomberg)

Eamon Akil Farhat, Sotiris Nikas dan Lars Mucklejohn - Bloomberg News

Bloomberg, Gelombang panas di Eropa diprediksi akan semakin meningkat, setelah suhu di Sisilia dan Sardinia, Italia mencapai puncaknya pada 47 derajat celcius, Rabu (19/7/2023). Sementara kebakaran hutan di Yunani terus mengamuk.

Sejumlah wilayah di Balkan juga berada dalam peringatan gelombang panas. Sementara Yunani dan Turki, menurut Organisasi Meteorologi Dunia, akan mengalami kenaikan suhu tinggi. Ledakan panas Sahara diprediksi dapat mengalahkan rekor panas di Eropa yang terjadi di Sisilia dua tahun lalu. Kala itu, suhu mencapai 48,8 derajat celcius.

Sementara itu, kebakaran hutan di sekitar Athena masih berisiko tinggi dipengaruhi oleh angin kencang. Kebakaran juga dilaporkan terjadi di pulau Rhodes, Yunani yang menghancurkan hutan di kawasan tersebut.

Temperatur tinggi di sejumlah wilayah Italia dan Spanyol. (Sumber: Bloomberg)

Hampir 100 pemadam kebakaran, dibantu oleh tiga jet, berusaha memadamkan api di Rhodes sejak Selasa (18/7/2023) malam. Pemadaman dipersulit oleh angin yang bertiup kencang melintasi pulau-pulau Aegean dan wilayah Attica di sekitar Athena, dengan kecepatan mencapai 32 hingga 38 mil per jam pada Rabu (19/7/2023).