Logo Bloomberg Technoz

Kematian Akibat Gelombang Panas, India Seperti Kena Kutuk

News
27 June 2023 11:55

Gelombang Panas di India (Dok. Bloomberg)
Gelombang Panas di India (Dok. Bloomberg)

Bloomberg, Di salah satu tempat kremasi di tepi sungai Gangga di Ballia, distrik di negara bagian Uttar Pradesh, India utara, kepala pendeta Pappu Pandey menceritakan tidak pernah mengalami peristiwa yang terjadi beberapa minggu terakhir.

Salah satu pekerjaannya adalah menghitung jumlah mayat. Kombinasi ganas dari panas yang ekstrem dan kelembaban pra-musim hujan menjadi bencana bagi wilayah ini, tanah menjadi penuh dengan tumpukan sampah. Pandey mengatakan bahwa kematian meningkat dua kali lipat menjadi hampir 50 orang per hari pada puncak gelombang panas di pertengahan Juni - angka yang belum pernah ia lihat selama 20 tahun di lokasi tersebut di luar pandemi Covid.

"Itu seperti kutukan ilahi," kata Pandey, menggambarkan cuaca panas yang mematikan.

Gelombang Panas di India (Dok. Bloomberg)

Cuaca terik di bulan Juni, di mana suhu udara melonjak setinggi 46C (115F), kemungkinan hanyalah sebuah pertanda dari apa yang akan datang. Para ilmuwan memperkirakan bahwa perubahan iklim telah membuat panas ekstrem 30 kali lebih mungkin terjadi di India dan Bank Dunia telah menyatakan bahwa India kemungkinan akan menjadi salah satu tempat pertama di dunia di mana gelombang panas menembus ambang batas kelangsungan hidup manusia. 

Oleh karena itu, banyak laporan anekdotal tentang lonjakan kematian di antara masyarakat yang paling rentan telah meningkatkan kekhawatiran tentang persiapan pemerintah pusat dan daerah. Selain korban jiwa, kegagalan untuk benar-benar mengatasi tantangan-tantangan dari musim panas yang baru ini juga membawa risiko bagi perekonomian India yang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di dunia.